loader

BVet Subang Hadir Sebagai Pemateri Pelatihan Penanganan Bangkai dan Pemusnahan Hewan

  • 29/05/2023 10:27:00
  • By : Administrator
  • 19757
BVet Subang Hadir Sebagai Pemateri Pelatihan Penanganan Bangkai dan Pemusnahan Hewan

Sebanyak 20 Paramedik di wilayah Jawa Barat Mengikuti Pelatihan Penanggulangan Penyakit Hewan Menular di BPPKP Cikole

BANDUNG (10/11) – Balai Pelatihan Peternakan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Cikole menyelenggarakan Pelatihan Penanggulangan Penyakit Hewan Menular (PHM) bagi Paramedik pada Rabu-Jumat 8-10 November 2023. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keterampilan SDM petugas paramedik di Jawa Barat. Untuk memenuhi kebutuhan ilmu terhadap pelatihan tersebut, maka BPPKP Cikole bekerjasama dengan Balai Veteriner Subang untuk dapat menyampaikan materi pelatihan Penanganan Bangkai dan Pemusnahan Hewan. Hadir dalam pelatihan tersebut adalah drh. Dwi Nawang Wicaksana selaku Koordinator Laboratorium Patologi di BVet Subang.

Dalam paparannya drh. Nawang menyampaikan bagaimana urutan dalam menangani bangkai hewan antara lain pengumpulan informasi, persiapan nekropsi, pemeriksan eksternal, bedah bangkai, pemeriksaan internal, koleksi spesimen, disposal, sterilisasi, dan pelaporan. Disampaikan pula bagaimana melakukan pemusnahan hewan dengan mempertimbangkan dampak lingkungan, ekonomi, reaksi publik, karakteristik pathogen dan kontrol penyakit, finansial dan logistik, serta isu kesrawan. Tidak kalah penting juga disampaikan bagaimana melakukan fotografi forensik veteriner.

Harapannya peserta dapat memahami konsep nekropsi dan tujuannya, tata cara nekropsi berbagai jenis spesies hewan, mendeskripsikan morfologi lesi dan diagnosis morfologi, menuliskan laporan kasus yang benar, serta memahami tatacara pemusnahan hewan.

Selain pelatihan penanganan bangkai dan pemusnahan hewan, selama 3 hari peserta juga belajar mengenai pemeriksaan fisik hewan, pengujian secara organoleptic, rekam medik, isolasi dan identifikasi, pengenalan penyakit hewan menular dan pemeriksaan status reproduksi, pemeriksaan ante-morten dan postmortem, Teknik pengobatan, serta melakukan pengambilan pengiriman dan penanganan sampel.

#sobatveteriner #bvetsubang #bvetsubangmajuterus